Header Ads

Breaking News

Satgas INDO FPC Melaksanakan Guard Of Honour

Guard of Honour (GoH  adalah kegiatan protokoler UNIFIL untuk penyambutan  tamu kehormatan dari kontingen negara yang tergabung dalam misi perdamaian di Libanon maupun dari pihak PBB sendiri yang berasal dari HQ di New York atau bila kita menyebutnya jajar kehormatan.  Satgas Indo FPC XXVI E-2 kembali mendapatkan kepercayaan untuk  pelaksanaan GoH menyambut tamu kehormatan UNIFIL yaitu Kepala Staf Angkatan Darat Malaysia Jendral Zulkifeli Muh Zain bertempat di gedung Head of Mission ( HoM ), Naqoura, Selasa (6/8). 


Pasimin Satgas Indo FPC, Kapten Inf Yanuar mengirimkan 3 orang personil dibawah pimpinan Sertu Setiaji beserta Praka Fahril dengan Praka Wahyono untuk bergabung dengan kontingen Srilangka, Ghana, Tanzania  serta Malaysia. Ketiga personil tersebut  sebelumnya telah dilatih dengan materi PBB  (Peraturan Baris Berbaris ) dalam bahasa Inggris dengan tujuan personel tidak melakukan kesalahan dalam pelaksanaan nantinya. 

Setibanya Jenderal berbintang 4 Malaysia ini di gedung HoM langsung diterima oleh protokoler Force Commander (FC) Mayor Park kemudian beliau menerima penghormatan dari pasukan Guard of Honour. Kepala Staf Angkatan Darat Malaysia langsung bertemu Force Commander Mayjend Paolo Serra beserta staf kurang lebih 1 jam. Kegiatan ini berjalan dengan lancar serta mendapatkan apresiasi ucapan terimakasih yang disampaikan melalui protokol FC Diakhir kegiatan seluruh personil yang terlibat melaksanakan foto

 Suasana Ramadhan dan Menjelang Lebaran Pasukan Garuda di Lebanon

 Mungkin tidak banyak diantara pembaca yang mengetahui kegiatan Pasukan Perdamaian Indonesia yang bertugas di Lebanon di bawah bendera PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau biasa di sebut Pasukan Garuda khusunya pada saat bulan puasa dan menjelang Lebaran.   Bulan puasa atau bulan Ramadan merupakan bulan penuh hikmah bagi seluruh umat Islam dimanapun berada dan bertugas.   Demikian pula dengan prajurit pasukan Garuda yang saat ini sedang bertugas yang tergabung dalam UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) dengan jumlah kurang lebih 1.200 personil. 

  Untuk lebih jelasnya kami akan uraikan beberapa Satgas (satuan Penugasan) yang ada saat ini yaitu  : Satgas Force Headquarter Support Unit (FHQSU)  dipimpin Kolonel Inf  Karmin Suharna, S.IP, MA sekaligus menjabat Komandan Kontingen Garuda Indonesia, Satgas Batalyon Mekanis dipimpin Letkol Inf Lucky Avianto, Satgas Military Police Unit (MPU) dipimpin Letkol Cpm Subiyakto, Satgas Force Protection Company (FPC) dipimpin Letkol Inf Yuri Eliyas Mamahi, Satgas CIMIC TNI dipimpin Mayor Inf Nasrul, Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU) dipimpin Letkol Inf Mohammad Ilyas dan  Satgas Level 2 Hospital dipimpin Letkol Kes dr. Paulus Supriyono.   Setiap Satgas memiliki tugas yang khusus dan penting bagi pemeliharaan perdamaian di wilayah Lebanon saat ini dan satu dengan lain saling berkaitan.

Saat ini bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Juli 2013 bertepatan dengan musim panas (Summer) dimana waktu siang hari lebih panjang dari biasanya, sehingga imsak jatuh pada jam 04.00 AM  menjelang Shubuh dan terbenam pada jam 20.00 PM malam hari, total selama 16 jam matahari bersinar dalam sehari di wilayah Lebanon yang di kenal dengan 4 (empat) musim.   Demikian pula dengan dengan pelaksanaan ibadah puasa yang selama ini kami laksanakan selama kurang lebih 16 jam setiap hari.   Alhamdulillah semoga ibadah puasa kami senantiasa mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Aalamiin. Pelaksanaan ibadah puasa sama sekali tidak mengurangi intensitas kami dalam melaksanaan tugas sehari-hari di Lebanon baik tugas Jaga, Patroli Rutin dan kegiatan lapangan atau kantor lainnya.

Pada saat berbuka kami berkumpul bersama rekan-rekan Prajurit menikmati hidangan perpaduan antara khas Lebanon dan Indonesia yang kami masak sendiri secara bersama-sama, bagi anggota yang sedang melaksanakan tugas buka puasa menyesuaikan dengan lokasi dan tugas yang dilakukan. Pada umumnya pelaksanaan tugas bersifat 24 jam sehari dengan system "shift" atau pergantian terutama kegiatan Jaga dan Patroli rutin.  

 Bagi pasukan Kontingen Garuda "TUGAS" merupakan hal yang paling utama dan tidak dapat ditawar-tawar lagi serta selalu menjadi prioritas kami dengan penuh keyakinan dan niat ikhlas bahwa semua tugas selama ramadhan  juga adalah Ibadah yang kami yakini mendapat pahala berlimpah.    Meskipun demikian  bagi yang tidak berdinas  pada malam hari  semua yang beragama muslim melaksanakan  ibadah sholat Taraweh bersama dan tadarus Al-Qur'an di dalam tenda besar yang kami "sulap" menjadi Masjid/Musholla.yang ada di masing beberapa Satgas (Polisi Militer, Indo Batt dan Force Protection Company).      
   
Dalam suasana bulan puasa juga Kontingen Garuda berinteraksi sosial dengan masyarakat Lebanon yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan  dengan memberikan   donasi  yang didapat dari hasil pengumpulan secara sukarela komunitas Muslim melalui kencleng masjid sebagai wujud keperdulian sosial Kontingen Garuda kepada masyarakat Lebanon yang tidak mampu .

Sekilas kondisi saat ini di wilayah Lebanon khususnya dan Timur Tengah pada umumnya relatif memanas, krisis berkepanjangan di Syria/Suriah yang merupakan tetangga terdekat Lebanon membawa pengaruh langsung terhadap situasi keamanan di dalam negeri Lebanon.   Demikian pula dengan krisis di Mesir dan perbatasan Israel-Lebanon yang senantiasa di warnai konflik sepanjang masa. Hal terbaru saat ini yang menjadi isu terhangat adalah pernyataan dari Negara-negara Eropa yang menyatakan Hizbullah sebagai organisasi teroris membawa dampak langsung bagi pasukan Unifil yang saat ini bertugas, mengingat bahwa Hizbullah merupakan Organisasi Islam terkuat di Lebanon yang terlibat langsung dalam perang Lebanon-Israel tahun 2006 lalu dan sebagian besar pasukan perdamaian yang bertugas di UNIFIL Lebanon adalah Negara-negara dari Eropa seperi Prancis, Italia, Spanyol, Irlandia, Austria, Finlandia dan Jerman.   Meskipun situasi masih aman namun hal tersebut  menyebabkan situasi perdamaian dan keamanan di wilayah Lebanon menjadi  rawan dan sulit di prediksi serta dapat berubah setiap saat. Oleh karena itu kami memanjatkan doa kepada yang maha kuasa agar senantiasa mendapat lindungannya  serta  selalu waspada dan tidak lengah dalam setiap pelaksanaan tugas apapun.

Bagi saudara-saudara kami yang saat ini berada di dalam negeri mungkin saat-saat menjelang lebaran adalah saat yang paling membahagiakan dan ditunggu-tunggu, saat akan berkumpul dengan sanak saudara dan handai tolan sambil menikmati hidangan lebaran khas Indonesia seperti ketupat Lebaran, Rendang, Sate dan kue-kue  khas lainnya,  yang tentunya akan dapat meneteskan air liur bagi siapa saja yang membayangkan terutama juga kami yang saat ini berada + 10.000 mile dari Indonesia.   Suasana hiruk-pikuk persiapan mudik ke kampung-kampung di seluruh tanah air sangat terasa dari pemberitaan melalui internet yang kami dapatkan,di kantor /Head Quarter, sehingga melalui browsing  beberapa situs media On line di tanah air tampak terlihat kepadatan di Stasiun-stasiun  kereta api, Bandara dan Pelabuhan Kapal laut.   Bagi kami yang saat ini sedang bertugas di Lebanon yang dapat kami lakukan adalah tetap melaksanakan tugas dan berkumpul bersama teman-teman prajurit yang tergabung dalam pelaksanaan  tugas Perdamaian di wilayah Lebanon, demi membawa nama harum Indonesia dan Merah putih di Dunia Internasional. (Puspen TNI)


bersama di tugu Cenotaph.

Tidak ada komentar